Pengalaman Beasiswa Mitsui

Assalamualaikum wr wb.

Dear pemburu beasiswa, karena info tentang beasiswa mitsui (ke jepang) masih sedikit, saya sebagai wakil dari penerima beasiswa mitsui angktn 2010, insyaallah akan sedikit berbagi pengalaman, tentang program studi setelah dinyatakan sebagai penerima beasiswanya.

Beasiswa S1 Mitsui Bussan

Lama Program beasiswa ini adalah 5.5 tahun.
1. Dalam 1.5 thn pertama untuk belajar bahasa dan mengikuti ujian masuk universitas di jepang.
2. Pada 4 thn berikutnya, program s1 di universitas pilihan kita (sesuai hasil test).

1. Sekolah bahasa jepang/Nihonggo gakko Jasso (1,5 tahun)

Ngapain aja di Jasso? : Program nihonggo gakko bertujuan untuk mempersiakan diri dalam ujian masuk ke universitas di Jepang. Selama di Jasso, kita mengikuti kelas Matematika, fisika /biologi, kimia, bahasa inggris, bahasa jepang saja. Semua pelajaran berjalan berdasarkan kurikulum SMA jepang, dan menyesuaikan dengan silabus ujian EJU.
Apa sih EJU itu? : Umumnya, universitas di jepang mengharuskan orang asing pelajar s1 spt kita, mengikuti EJU(examination of japanese university). Jika di indonesia, EJU bisa dikatakan SNMPTN. Namun, disini EJU hanya sebagai syarat pertama untuk apply universitas.
Kapan EJU itu ? : EJU setiap tahun diadakan hanya 2 kali. Dan karena waktu kita disini hanya 1,5 tahun, kita hanya bisa mengikuti 3 kali ujian*. Dengan Ujian yang pertama hanya untuk uji coba, dan ujian ke-2 dan ke-3 adalah ujian sebenarnya, yang nilainya kita gunakan untuk apply ke universitas.
Kesempatan ikut EJU ?: hanya 3 kali kita bisa ikut EJU
Untuk kedatangan bulan september 2013, maka :
1. Bulan 12 2013 : untuk uji coba (bhs inggris)
2. Bulan 06 2014 : nilai sbg penentu universitas tahap I (bhs jepang)
3. Bulan 12 2014 : nilai sbg penentu universitas tahap II (bhs jepang)
Materi EJU ?:
untuk IPA ada total 4 mata pelajaran. Bahsa jepang, matmatika, sains(pilih 2 dari fisika,kimia,biologi). dan untuk IPS hanya 3 pelajaran. Bahasa jepang, matematika, dan IPS umum yang terdiri dari geografi, politik, dan sejarah.
Level eju ? :
Level dari soal EJU dapat digolongkan sebagai soal dasar. Pada umumnya untuk sains, dalam penghitungan(mat,fis,kim) tidak begitu rumit, namun membutuhkan pemahaman konsep yang matang. Untuk mencapai tahap pemahaman, dibutuhkan skill bahasa jepang yang baik.

Ada batasan pilihan univ? :
Pihak beasiswa (mitsui), hanya memberi kesempatan kita untuk mengikuti ujian 5 universitas saja. Jadi, kita harus memikirkan baik-baik level universitas yang kita pilih. Tidak boleh susah semua, tidak boleh gampang semua juga. Untuk itu, strategi yang dibutuhkan adalah mendapatkan universitas!umumnya kita apply universitas yang cukup bagus (swasta) sebagai pengaman dari hasil EJU bln 6, dan challenge untuk mendaftar universitas negeri dengan EJU bln 12.

Saran senior :
Course kita 1.5 tahun di Jasso ini terhitung lebih panjang dari program beasiswa lain, pressure nya juga terkesan lebih tegang, hehe. Dalam 1.5 tahun ini, kita dilatih untuk sudah bisa berbahasa jepang (fairly) dan lolos dalam ujian masuk universitas. Pengalaman ini sangat berharga. Setiap hari kita terpacu untuk belajar lebih giat dan kita menjadi terbiasa mengatur waktu kita se-efisien mungkin. Insyaallah, jika diiringi dengan usaha dan ikhlas, universitas baik di jepang akan mudah diraih.

Rincian waktu (selama di Jasso) :

Oktober-Nov-Des
Selama 3 bulan pertama tugas kita hanya adaptasi dengan kehidupan jepang. makanan, mainan, komunikasi, dll. dan selama 3 bulan itu, kita hanya belajar bahasa jepang saja di jasso. Kami mulai menyesuaikan diri dengan komunitas sekeliling. Untuk yang muslim, ada komunitas orang Indonesia pmij(Persaudaraan Muslim Indonesia Jepang) yang sangat sering mengadakan kegiatan.

taaruf pmij(Taaruf di acara pmij)

Di sela-sela kegiatan, kami juga sekaligus mempersiapkan diri untuk tes EJU(dlm bahasa inggris). Karena di jasso belum belajar sains, kita umumnya mempelajari dari soal-soal tahun lalu(kakomon), dan tanya ke senior jika ada yang tidak bisa. Tujuannya untuk mengetahui level kita saja. Nilai tidak digunakan untuk mendaftar universitas.

“Sejak saat ini, kita dilantik sebagai samurai sejati, untuk berperang di medan ujian 1.5 tahun kedepan!” 😛
samurai haris,karim(foto di dinas kebudayaan Jepang, hhe)

Januari-Feb-Mar
Mulai cawu ini, terdapat 2 kelas, yaitu sains dan bahasa jepang. Setelah mempelajari dasar-dasar bahasa jepang di cawu sebelumnya, kita mulai belajar sains dengan bahasa pengantar bahasa jepang. Materi yang dipelajari dalam sains, masih dasar, setingkat sma dengan kecepatan extra, dengan tujuan agar kurikulum sma selesai sebelum EJU bulan 6.

Di sela-sela weekend, kita meluangkan waktu untuk menikmati indahnya hanami(melihat sakura).

hanami

haris karim(Hanami di Shinjuku gyoen park)

April-Mei-Jun
Kelas semakin sibuk, untuk mempersiapkan EJU bulan 6. Kakomon(soal tahun sebelumnya) untuk ujian bulan 6, kira-kira dalam 2 minggu sebelum ujian, sudah selesai dikerjakan di kelas berikut pembahasannya. Jika tekun belajar terutama dalam bahsa jepang, nilai EJU akan sesuai harapan. Jika kurang bagus, kumpulkan tekad untuk mengejar ketinggalan, dan konsentrasi menghadapi ujian berikutnya, di 1 ujian terakhir, yaitu di EJU bln 12. Di bulan-bulan ini, kita lebih sering berdiskusi mengatur siasat untuk ujian yang akan datang.

Juli-Agts-Sept
Dengan hasil EJU bln 6, Mengikuti ujian (juken) universitas swasta**, spt waseda, keiou, cyuou, dll.
Jika kurang bagus tadi, tetap mempersiapkan langkah selanjutnya, untuk ujian EJU terakhir, bln 12. Memperbaiki pola belajar, memperbanyak latihan soal dengan level-up dr sebelumnya, baik bahasa jepang maupun sains. Mengingat EJU bln 12, lebih susah dibanding EJU bln 6.

gunung fuji
(selasela belajar di liburan musim panas mampir ke gn. fuji)

Oktober-Nov-Des
Kelas jauh lebih sibuk dari sebelumnya. Tujuan kedepan yang terpikir hanya Mempersiapkan Eju bln 12 dan mengikuti ujian lanjutan univ swasta**. Level EJU bulan 12 lebih susah dibandingkan EJU bulan 6. Dibutuhkan pembelajaran lebih intesif. Model soal lebih variatif dan kata-kata dalam soal lebih panjang. Hingga 2 minggu sebelum ujian, sesuai program Jasso, kita sudah mengerjakan semua kakomon EJU dan senta-siken (semacam SNMPTN-nya org jepang). Jadi, insyaallah kita terhitung mengetahui semua model soal yang pernah dikeluarkan untuk ujian. Jika melakukan pembelajaran secara tekun di stage ini, insyaallah akan mendapatkan nilai yang bagus.
**: ujian mengikuti univ swasta ini optional saja. Karena pengumumannya cepat(sebelum EJU bln 12), dapat dikategorikan untuk pegangan/jaga-jaga.

Januari-Feb-Mar
Umumnya, pada bulan2 ini, universitas negeri (kokuritsu) di jepang mengadakan ujian. Di Jasso, sambil tetap mengikuti pelajaran sehari-hari, kita disibukkan untuk mempersiapkan berbagai ujian seperti ujian tulis, ujian wawancara yang diadakan kokuritsu itu sendiri. Ujian berlangsung hingga februari akhir. Pada bulan maret pengumuman terakhir masuk universitas, dan saat ini kita memilih universitas yang akan kita masuki, dan siap2 untuk memulai belajar di tempat baru, pindahan. Setelah universitas ditentukan, program belajar bahasapun sudah selesai, berikut foto kami satu angkatan yang belajar di Jasso.

lulusan gakkou
(foto saat mendekati kelulusan di depan Jasso)

2. Program selanjutnya, program kuliah 4 tahun (seperti di Indonesia) .

Dari April 1 tahun setelah kedatangan, hingga 4 tahun berikutnya, kita belajar dan kuliah di Universitas pilihan kita sesuai dengan hasil test.

Semoga bermanfaat
Hidup Cuma Sekali, Jalani Sepenuh Hati

by haris dan karim (mitsui ’10)

94 thoughts on “Pengalaman Beasiswa Mitsui

  1. Kak, saya izin untuk bertanya. apakah surat rekomendasi dari kepala sekolah atau dari sekolah? Surat rekomendasinya itu hanya berupa keterangan bahwa siswa ini benar adalah siswa sekolah ini atau berupa curhatan dn keunggulan2 ttg siswa itu. Mohon jawabannya, terima kasih.

    • Surat rekomendasi, itu lbih cenderung menyatakan bhwa siswa ybs layak ikut beasiswa ini. Jadi isinya ada pernyataan bhwa ini siswa kami dan beberapa ‘curhatan’ juga.
      Saran, krn dlm bhs inggris, cari guru yg bs membantu memberi rekomendasi, baru minta persetujuan kpla sekolah.

  2. Kak, saya izin bertanya. Untuk surat rekomendasi itu dari sekolah atau kepala sekolah? Isinya itu tentang surat keterangan bahwa ‘siswa ini memnuhi syarat dan benar bahwa dia adalah siswa sekolah ini’ atau isinya curhatan kepala sekolah tentang siswa ini, bahwa siswa ini juara ini itu, unggul dalam ini itu, dll. Yang mana ya,kak? Soalnya ketika sekolah saya mintai malah dikasih surat keterangan (yg pertama) dan ketika saya nyari di internet isinya kayak yg kedua. Tolong jawabannya ya,kak. Terima kasih banyak.

    • Krn pertanyaannya hmpir sama, saya tambahkan sedikit.

      Surat rekomendasi, itu lbih cenderung menyatakan bhwa siswa ybs layak ikut beasiswa ini. Misal
      ” i recommend …(nama)… as one of my student to join this scholarship because of his/her diligence that he/her can earn good results at every exam being held, dst ”

      Jadi isinya ada pernyataan bhwa ini siswa kami dan beberapa ‘curhatan’ juga.
      Saran, krn dlm bhs inggris, cari guru yg bs membantu memberi rekomendasi, baru minta persetujuan kpla sekolah.

  3. Permisi, maaf kak mau nanya, tes psikologinya seperti apa ya? Apakah dalam bentuk tes tertulis (seperti tes IQ), apa gimana ya? Terima kasih

      • Oalaah, berari mirip2 soal tpa sbmptn ya? Share tips2nya dong kak supaya lolos tahap ini, selain latihan2 soal 😀 krn sepertinya tahun ini harus lolos tes psikologi&kesehatan untuk bisa lanjut ke tes wawancara. Terimakasih banyak kak!

  4. Permisi kak, saya mau nanya. Untuk pilhan kokuritsu, universitas mana saja yg direkomendasikan mitsui? Apakah Tohoku University jurusan sastra masuk dalam kategori tsb? Mohon bantuannya. Terimakasih 🙂

  5. Klw boleh tahu nih ka abdul .. berhubung letter of recommendation nya sya yg buat sya ngikutin sma yg sprti kk coment diatas diisi juga dgn bbrp curhatan ..tapi kata guru sya terlalu bertele2 alhasil surat recoment nya jdi bahasa yg kaku (umum) itu gpp kan ?

    • Kondisi setiap tahun selalu berbeda. Di tahun 2010, mgkin hanya 300an orang. Dan di tahun 2014, mgkin mencapai 1000an orang.
      Tapi, kalau rejeki, insyaAllah akan terpilih berapapun banyaknya peserta itu. 😀

  6. Kak mau nanya setelah lulus dari universitas ada keterikatan ngga dgn pihak mitsui? (misalnya harus magang dulu di perusahaan mitsui)

  7. Mas, itu kalau sudah lulus Beasiswa Mitsui tidak boleh pulang sama sekali ke Indonesia selama 2 tahun, atau bagaimana?

    • Peraturan sdh sedikit berubah. Tergantung alasannya , qt boleh pulang ke Indonesia. Tapi karena kesibukan di 2 tahun pertama, kami lbh memilih utk tdk pulang. Sebagai gantinya, orang tua yang kita undang untuk ke Jepang mengunjungi kita 😀

  8. Kak, numpang nanya nih, kira” soal yang diujikan mirip ke monbusho ya? Trus tahap psikotes dan health check itu gmana sih? Dan wawancaranya pertanyaan apa aja nih? Makasih sebelumnya n salam kenal~

  9. kak mau nanya,
    setelah pengiriman dokumennya ditutup, kira-kira berapa lama nunggu hasil seleksi dokumennya kak ?
    makasih kak.

  10. kak maaf ganggu, mau tanya. apakah pernah ada penerima mitsui yg mengalami kegagalan waktu eju? lalu bagaimana kelanjutannya? apakah dipulangkan kembali? lalu saya kurang terlalu paham tentang sistem penerimaan mahasiswa baru di univ negeri. apakah eju bulan 6 hanya khusus swasta dan eju bulan 12 untuk univ negeri? ato bagaimana? terima kasih banyak semoga sukses terus kak!

    • Utk kegagalan EJU, (katanya) pernah ada. Tapi menurut saya, kalau belajar dengan ritme belajar yg ada di sekolah (tidak bolos), insyaAllah tdk masalah.

      Utk detail EJU bln 6 dan bln 12, sepertinya nanti setelah keterima baru difikirkan, ya. Krn itu terlalu detail. Skrg baiknya konsentrasi utk lolos tes saja.
      Tapi, kalau masih butuh penjelasan, akan saya coba jelaskan, gmn?

  11. Halo Kak, mau nanya nih dulu Kakak pake TOEFL ga? Maksudnya adanya sertifikasi bahasa Ingrris itu sangat berpengaruh? Terus dokumen dokumen seperti SKHUN, rapot gitu harus ditranslate ke Inggris ga Kak?
    Makaih banyak Kak 🙂

    • Utk TOEFL, saya ikut dan saya kumpulkan nilainya kpd pihak beasiswa. Dokumen diminta bukan diawal, tapi setelah saya diterima sekitar saat 11 besar.

      Utk dokumen, tdk perlu ditranslate semua. Hanya dokumen tertentu saja yg harus. Tolong perhatikan penjelasan di formulir.

  12. Assalamualaikum. Insya Allah saya UN SMA 2016, saya pingin ke jepang, saya belum pernah belajar bahasa jepang apakah bisa, apakah semua dokumen harus di terjemahkan dalam bahasa jepang atau tidak, mohon kiat sebelum mengikuti rangkaian tes. Wass.

    • Waalaikumsalam warahmatullah

      > terkait bahasa jepang, sayapun dulu swaktu ikut tes, tidak tahu apapun ttg bahasa jepang. Yang penting bukan bhsa jepangnya, tetapi bisa mengerjakan tes tulisnya saja, MTK & Bhs. Inggris.

      > utk dokumen, tdk perlu ditranslate dlm bhsa jepang. Spt yg tertera di formulir pendaftaran, cukup bhsa indonesia saja. Hanya dokumen tertentu diminta bhsa inggrisnya. Utk detail ini, silahkan dibaca betul2 formulirnya.
      Good luck

  13. Kakk aku mau minta saran,kan aku baru lulus nanti tahun 2017 tapi aku pengen bgt dapet beasiswa ini. Tapi aku ga pinter kak dan aku juga ga bego2 banget sii. Kasih saran dong kak apa yang harus aku persiapin dari sekarang. Terimakasih kakkk

    • Coba belajar soal2 monbukagakusho S1. Mungkin susah, tapi masih ada waktu utk belajar, jadi jangan menyerah!!
      Kerja keras utk belajar ini, insyaAllah worthy dilakukan. Keterima atau tidak, itu urusan terakhir, yg pting usaha sdh dikerjakan, kan? Smangat!!

  14. Kak, saya mau tanya.
    Saya lulusan SMA jurusan IPS tapi saya pengen kuliah ambil salah satu jurusan di IPA. Apa bisa kak seperti itu? Terima kasih sebelumhya.

  15. Assalamualaikum ka Abdul, izin bertanya saya sudah berkuliah di politeknik tertentu. bisa ikutan program mitsui busan ini kan?

  16. Sore mas Abdul. mau tanya, untuk sertifikat toefl (itukan optional), kalau yg saya lampirkan adalah sertifikat toefl itp, bukan yg berstandar internasional (ibt), apakah boleh? dan apakah akan mempengaruhi penilaian dibanding peserta yg menyerahkan sertifikat toefl ibt ? terimakasih 🙂

    • Selamat sore.. Utk toefl yg dikumpulkan bersama berkas2 di seleksi dokumen, sepertinya tidak masalah (tlong check formulir pd thun ybs, krn mungkin ada perubahan).
      Dan utk bhsa inggris, kalau lolos seleksi dokumen, akan ada tes tulisnya, jadi nilai Toefl ini hanya benar2 opsional saja. Kalau tdk ada sertifikat, mgkin baiknya belajar saja utk tes tulis, jadi waktunya bisa terpakai lbh efisien.

  17. Assalamu’alaikum wr. wb.
    malam kak, Insya Allah, tahun ini saya selesai SMA dan ingin melanjutkan kuliah ke jepang. saya sempet liat website beasiswa bussan untuk tahun ini, dan di sana tertulis, kalau sudah passed 1st selection bakal ngikutin 2nd selection yaitu aptitude test & health check. aptitude test itu bgaimana ya kak? terimakasih sebelumnya..

    • waalaikumsalam wr wb
      lebih baik konsentrasi saja utk tes tulisnya. Test setelah 1st selection, hanya seperti tes psikologi dan kesehatan, hanya check ke-normal-an psikologi kita saja.

  18. kak sya kan sementara kuliah sdh mau semester 4, dan apakah saya harus ke SMA saya untuk minta surat rekomendasi? sementara kan saya sdah lama lulus SMA itu.

    • kalau menurut saya, krn mba sdh semester 4, lbh baik lanjutkan kuliahnya saja dulu. lbh baik mencari nilai yg baik selama S1, dan nanti cari beasiswa utk S2 nya, akan lebih mudah insyaAllah.

  19. Malam ka….saya rencana mau ambil ini…saya bingung maksud tes eju atau jasso2 itu, maklum ka saya ga prnh tau soal jepang, jadi stlh kita serahin berkas klo amin keterima itu nti di tes lagi ? Kan materi tesnya ada jepang jg…klo saya ga trlalu bisa gmn ya ka ? Tolong ya ka reply

  20. selamat siang kak. mau bertanya. saya kan sudah jd mahasiswa dan ingin mencoba seleksi ini. dan disana tercantum surat rekomendasi dari kepala sekolah SMA. nahh utk saya sendiri itu surat rekomend nyaa dari sekolah SMA atau universitas kak?
    trims

  21. Assalamu’alaikum wr. wb salam knal~~
    kak mau nanya’, setiap tahunnya memang cuma dua orang ya yang di terima? knapa bisa terbatas kali kak?
    mohon balasannya. terima kasih 🙂

  22. Assalamu’alaikum kak~~
    Maaf sebelumnya saya sudah baca beberapa komentar Dan artikel mengenai beasiswa mitsui bussan ini. Sama dengan Yang lainnga saya ingin banyak bertanya hehehe
    Oke. Pertama beasiswa mitsui busaan ini sudah dibuka sejak kemarin. Kebetulan saya sudah mendaptar online sampai me step 5 namun terhenti saat melihat kolom toefl Dan toeic disana. Ya ampun kak, saya belum pernah test begituan, tp saya punya sertifikat bahasa inggris back pack 6. kolom itu harus disini, misalkan saya bersedia tes toefl lantas hasil akhirnya mendpt nilai kecil, itu ngaruh ngga sama pertimbangan dari pihak mitsui?
    Kedua, saya shock pas lihat yg diterima cuman 2 org. Nyesek jadi minder begini, down duluan~
    Ketiga, btw saya Lulus tahun ini pengen banget lanjut study ke luar negeri yg Ada saljunya kaya jepang. Dan mau Tanya kak, kk waktu disekolah Pinter? Ranking satu kah?
    Terimakasih, salam kenal kak Abdul ^,^

  23. untuk beasiswa ini td katanya yg diterima sekitar 2-3 org se indonesia. lalu 12-13 org yg masuk final td dikemanain? dipulangin atau gimana? makasih kak

  24. Assalamualaikum, kak. kak abdul boleh saya bertanya? saya juga baru dengar beasiswa ini dari salah satu website beasiswa. materi yang di keluarkan saat tes matematika dan bahasa inggris itu apa aja kak? karena saya lebih kurang dalam matematika.

  25. Kak saya mau nanya apa pernah ada yang tidak menyertakan sertifikat toefl tp dipanggil untuk seleksi tulis?

    Kak untuk surat rekomendasinya, pada bagian atas awal, setelah kop sekolah, ditulis “surat keterangan atau Surat rekomendasi”? Terimakasih:)

  26. Konichiwa.
    Kak boleh tau ga sedikit tentang soal tes tulis nya?
    Matematika dasar kan ya?
    Terus b. inggris nya gimana?

  27. Hallo saya fitri dari medan . Mau nanya kan saya udah ngirim semua persyaratan nya (berkas yg diminta) melalui pos . Itu kelanjutannya gimana ya ? Apakah kita akan dikonfirmasi atau gimana ya kak ?

  28. Kak mau tanya nih untuk sertifikat TOEFL saya tertulis bahwa sertifikat tsbt tidak boleh difotocopy. Jadi gmn kak? Haruskah menyerahkan yg asli. Tapi nanti takutnya hilang

    • Saya kurang tahu terkait ini. Mohon ditanyakan lgsung ke panitianya.
      Tapi, kalau memang tidak boleh difotocopy, ya harus aslinya yg dikumpulkan. Mgkin bisa minta sertifikat asli yg lbr 2 lembar ke lembaga toefl nya

  29. Assalamualaikum..
    Ka saya mau tanya, saya kelas 3 SMA anak IPA tapi boleh ga pas test univnya ikut tes IPS? atau yang menentukan tesnya IPA atau IPS adalah jurusan yang dipilih nanti? Sebenernya saya kurang menguasai materi kimia apalagi fisika. Sebaliknya saya malah lebih suka materi IPS

    Udah gitu kalau boleh tahu saat interview kita ditanyanya apa? Motivasi sayakah? Atau kelebihan sayakah? Atau apa gitu?

    Lalu apakah 2 orang yang terpilih itu orang yang hasil test tertulisnya tertinggi atau bagaimana?

    Dan jika sudah berhasil berkuliah disana kita tinggalnya dimana? Disediakan atau tidak?

    • Waalaikumsalam
      Utk tes univ, itu bebas, boleh ipa/ips.
      Yg tersulit sebenarnya tes tulis beasiswa ini. Tlong konsentrasi utk persiapan tes tulis (mat&english) saja dulu.

      Utk prtanyaan interview dan pertanyaan setelah diterima, sdh saya tulis di blog ini. Kalau ingin lbh detail, nanti kalau lolos tes tulis tanya lagi ke saya ya, insyaAllah saya jawab.
      Mdh2an sukses!!

    • saya kurang tahu detailnya. mungkin baiknya hubungi langsung contact person beasiswa nya langsung.

      menurut pengalaman, rata2 jurusan teknik.
      kalau ingin jurusan bahasa, bisa coba beasiswa monbukagakusho 😀
      good luck!

Leave a Reply

