Islam bukanlah kumpulan peraturan

“Islam bukanlah kumpulan kumpulan peraturan. Islam adalah cara untuk melihat kehidupan dan dunia. ”

Dulu, subhanallah, saya hampir tdk pernah tahu bahwa islam adalah petunjuk untuk kehidupan nyata. Petunjuk agar sukses dalam studi, belajar, berkeluarga, sampai bermasyarakat.

Dulu, Hari-hari berjalan hanya dengan pengertian bahwa islam adalah gerakan ibadah yang harus dikerjakan, krn yg kami pelajari di sekolah adalah “how to do” prayer, bagaimanapun juga, apapun yg terjadi. Tanpa faham mengenai “why” to pray, kenapa harus saya melakukannya.


Mungkin dahulu, fikiran ini terlalu kanak2, atau terlalu senang dunia, atau kurang banyak berfikir, atau hati ini banyak dosanya, atau yang lain. Mdh2an Allah ampuni dosa2 kita.

Alhamdulillah, sekarang, Allah berikan secercah cahaya kesadaran bahwa saya salah. Allah mudahkan fikiran ini bergerak, nyamankan hati ini dalam mempelajari agamaNya. Sungguh, Alangkah indahnya agamanya. Semua sangat terkait dengan kehidupan sehari-hari dan sangat aplikatif, ternyata. Alangkah tenangnya hati, saat membacanya mengkajinya. Sudah kucoba membaca melihat mendengar apapun yg orang biasa gunakan, tapi hati tak bisa bohong, hampa hati ini. Lain dengan, kumpul dalam majlis dikr (mengingat) yg di dalamnya ada Al Quran Hadist, membuat hati semakin lengket, membuat kita merasa haus dan haus. Bercucuran air mata karena introspeksi, malu karena diri ini masih dangkal.

Ya rabb, dekatkanlah diriku pada agamamu. Buat diriku ini bisa berkontribusi dalam agamamu. Muliakan kami dengan memiliki amal jariah yg mengalir saat kami meninggal nanti. Kau yang paling tahu bahwa hati kami ini tak bisa jauh dari Mu.


اللهم إرزقنى حبك و حب ما يقربنى الى حبك

Ada doa, “Ya Allah, berilah rizki kepadaku cintaMu, dan kecintaan kepada kami yang (bisa) mendekatkanku kepada kecintaanMu”

Terbesit fikiran, Andai ku tahu dari dulu.. Mungkin tak banyak ketinggalan ilmu. Tapi, tak ada gunapun menyesali. Dosa juga jika kita berandai-andai. Tinggal maju saja kan?

Langkah selanjutnya adalah, maju terus dalam jalan ini. Dengan hidayah ini, jangan sampai kembali ke masa lampau. Cambuk diri agar tidak melihat kembali.

زبنا لا تزغ قلوبنا بعد اذ حديتنا و حبلنا من الدنك رحمة ، انك انت الوهاب

Seperti doa ini, ” ya Rabb, jangan kau biarkan hati kami condong setelah kau berikan hidayah kepada kami …. ”

Kecantikan Al-Quran, akan difahami oleh orang pilihan. Bisa jadi karena sedikit usaha kita dan Allah beri barokah. Atau, bisa jadi hanya hadiah dari Allah, kepada siapa yang Dia hendaki. Mutlak adalah kehendaknya. Kita hanya berusaha. Ingat, kita adalah hamba. Tak ada hak dan tak ada ruang kita bisa merubah apapun, tanpa izinNya.

Dengan rendah diri, kita harus tetap mengharap ridhonya. Karena tak akan ada yg bisa selamatkan kita, kalau ridhonya tak naungi kita.

اللهم  انى أسألك رضاك و الجنة

Ada doa, “ya Allah aku meminta ridhoMu dan surgaMu”. Ridho Allah didahulukan sebelum meminta surga. Kalau Allah ridho, surga pun akan diberikan insyaAllah. Begitupun kita, tak mungkin masuk surga karena usaha baik kita. Itu tak cukup dan terlalu murah dibanding nilai surga. Karena ridho Allah lah, usaha kita itu dinilai tinggi, dan diberikan surga sebagai bentuk kasih sayang Allah ke kita, bukan balasan setimpal kerja keras kita di dunia.

Mungkin kesimpulannya, Saat di puncak, banyak ilmu, banyak karunia Allah, kita tidak ngelunjak. Tetap harus cari ilmu apapun yg terjadi. Saat di bawah pun, sedikit ilmu, diberi cobaan, dikurangi rejeki, kita sabar dan tidak putus asa.

Kita tak tahu kejernihan emas, kalau emas tidak dileburkan, dipanaskan, dipukul2 besi. Haruslah diuji agar tahu kualitasnya dan kemurnian isinya. Begitu juga niat kita, iman kita, kalau tak diuji kita tak tahu. Pahit rasanya bilang seperti ini, tapi ini realita. Entah, kita tak bisa kabur. Kita hanya bisa berusaha dan doa. Berusaha memegang teguh menjaga diri agar tak sesat. Dan berdoa agar dibantu Allah agar diberi kekuatan dan tak sesat.

Mudah-mudahan Allah ridho dengan kita. Mudah-mudahan Allah masukkan kita kepada golongan orang-orang mukmin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s