Tips mendapatkan SIM Motor di Jepang

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Di artikel kali ini, insyaAllah saya akan mencoba untuk menuliskan tips memperoleh SIM sepeda motor di Jepang.
SIM sepeda motor di Jepang, dibagi menjadi beberapa kategori, sesuai dengan CC nya.
1.      50 cc (scooter/”gentsuki(原付)”)
2. < 125 cc
3.     250 cc
4.    400 cc… dst sampai cc besar (tdk saya bahas)

Cara memperoleh SIM di Jepang, harus mengikuti ujian.
1. tidak memiliki SIM C (motor) di Indonesia

50 cc (scooter/”gentsuki(原付)”)

  • Jika penduduk Ibaraki perfecture, maka harus mengikuti tes dalam bahasa jepang, untuk SIM motor scooter (50cc). Peraturan akan berbeda tergantung kepada kebijakan provinsi setempat.
  • Ujiannya terdiri dari 2 tahap saja. Pertama, tes tulis (Ibaraki: bhs jepang) 30 soal mengemudi di Mito Driving Office (水戸運転免許センター). Kedua, tes mengemudi simple di Driving School terdekat di Provinsi yang sama. Cukup 1-2 jam, tes maju belok zig zag, dan mendapat sertifikat, biaya sekitar 5000yen.
  • Setelah lulus, akan dicetak SIM sepeda motor nya.
  • Biaya total sekitar 10.000 yen (jika setiap ujian lolos dengan sekali tes)

Untuk SIM tipe lain, dengan CC lebih dari 50cc, ujiannya akan cukup berbeda.
Ujian tulis juga ada pilihan yang berbahasa inggris. Namun, ujian mengemudinya akan sedikit lebih kompleks. Tutorial ataupun guide untuk mengemudi, sudah ada cukup lengkap  di youtube, termasuk dengan model2 rute medan ujian.
Contoh 1
Contoh 2

 
2. memiliki SIM C (motor) di Indonesia
Cara pada tahap ini akan relatif lebih mudah dari pada tahap yg lain.
Istilahnya “Foreign Country Licenses Conversion”  (jp:外国免許切り替え)

  • Syarat : SIM C Indonesia harus masih dalam masa berlaku. Dan pernah dipakai TOTAL 3 bulan di Indonesia sebelum/selama kita tinggal di Jepang*. Jika total masih kurang dari 3 bulan, maka SIM masih belum bisa di-convert.
    *Jika setelah kita cetak SIM di Indonesia, dan kita keluar masuk Jepang-Indonesia, dan TOTAL melebihi 3 bulan (check: cap immigrasi di passport).
  • SIM C harus di terjemahkan, menggunakan jasa JAF. (dibutuhkan 3 hari, by post)
    kirimkan fotocopy SIM C kita, isi formulir (download di link bawah), masukkan cash ke amplop dan kirim ke JAF terdekat.
    Khusus untuk Ibaraki perfecture, isi alamat berikut di amplop

    Ibaraki
    TEL:029-244-2660
    〒310-0851
    2475-7 Senba-cho Mito-shi Ibaraki

    http://www.jaf.or.jp/inter/translation/index_e.htm

  • Dokumen yg dibutuhkan
    1. Residence card
    2. Juminhyo (dari City Hall setempat)
    3. Passport (lama dan baru)
    4. SIM C original
    5. Terjemahan SIM C dari JAF
  • Biaya total sekitar 10.000 yen (jika setiap ujian lolos dengan sekali tes, dan bisa mendapatkan SIM yang diinginkan di hari yang sama)
  • Pada saat mengumpulkan formulir, akan ditanyakan perihal SIM yang kita inginkan. Apakah SIM Motor Jepang untuk; 50cc, 125cc, 250cc, 400cc (manual/automatic) ?
  • Pengalaman saya, untuk mengambil tes ini, harus dipertimbangkan juga kesulitan rintangan ujian, probability kelulusan, dan harga/tipe motor yang ingin dinaiki.

    Contohnya, scooter 50cc sangat baik untuk seorang single yang tidak banyak bepergian, dan tidak begitu membutuhkan kecepatan (max hanya 35kmph). Pajaknya juga sangat murah, sekitar 1500yen/tahun. Bensin hanya sekitar 500yen per 100km. Biaya maintenance yang tak mahal, Oli 5000yen per 2 bulan, ban 2 pasang sekitar 10.000yen setiap 2 tahun. Harga scooternya juga bervariasi dengan standar second hand sekitar 30.000yen yang tidak menyiksa.

    Contoh lain, saya mencoba ujian untuk 250cc, saya memilih yang automatic (bukan manual dengan kopling, yang ujiannya relatif lebih susah sepertinya). Setelah banyak survey tentang harga sepeda motor di Jepang, motor 250cc masih dikenai pajak 10.000yen/tahun tanpa “syaken” (Istilah di indonesia= KIR) seperti mobil di Jepang. Dengan kata lain, motor dengan cc, 50-250, masih relatif murah. Karena biasanya syaken untuk mobil, standarnya adalah 50.000yen/2 tahun, dan akan ada uji kelayakan yang meminta kita untuk maintenance kendaraan; seperti ganti ban baru, ganti oli, ganti accu, dlsb.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s